Valentine, diantara Pro dan Kontra (01)

Februari, ah kembali kita sampai pada bulan kedua dari perjalanan 12 bulan setiap tahunnya. Banyak warna pada tiap-tiap bulan itu.
Bila di Indonesia kita yang tercinta, bulan Agustus marak dengan warna Merah dan Putih. kemarin di awal bulan Februari, semuanya bernuansa "Merah Menyala" dengan perayaan Imlek bagi saudara kita dari etnis Thionghoa (China), sedangkan sekarang... menjelang pertengahan bulan Februari, warna "Merah Menyala" tersebut berangsur-angsur pudar. Perlahan berganti dengan warna "Merah Muda" (pink).

Aku yakin, tidak ada pemuda yang tidak tahu tentang penyebab perubahan warna itu. Inilah harinya anak muda (selain hari Sumpah Pemuda, tentunya). Oke, kita tahu penyebabnya adalah valentine khan.. Tapi, tahukah kita tentang valentine yang sebenarnya?? nanti akan aku tulis sejarahnya. Untuk sekarang cukup ini aja dulu. otre....

Beginilah makna Valentine menurut Wikipedia Indonesia :

Hari Valentine (Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.

“………………… Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine ………….. “


Tradisi Hari Valentine di negara-negara non-Barat :

Di Jepang,
Hari Valentine sudah muncul berkat marketing besar-besaran, sebagai hari di mana para wanita memberi para pria yang mereka senangi permen cokelat. Namun hal ini tidaklah dilakukan secara sukarela melainkan menjadi sebuah kewajiban, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor-kantor. Mereka memberi cokelat kepada para teman kerja pria mereka, kadangkala dengan biaya besar. Cokelat ini disebut sebagai Giri-choko, dari kata giri (kewajiban) dan choco (cokelat). Lalu berkat usaha marketing lebih lanjut, sebuah hari balasan, disebut “Hari Putih”(White Day) muncul. Pada hari ini (14 Maret), pria yang sudah mendapat cokelat pada hari Valentine diharapkan memberi sesuatu kembali. (wikipedia)

Di Taiwan,
sebagai tambahan dari Hari Valentine dan Hari Putih, masih ada satu hari raya lainnya yang mirip dengan kedua hari raya ini ditilik dari fungsinya. Namanya adalah "Hari Raya Anak Perempuan" (Qi Xi). Hari ini diadakan pada hari ke-7, bulan ke-7 menurut tarikh kalender kamariyah Tionghoa. (wikipedia)

Di Indonesia,
budaya bertukaran surat ucapan antar kekasih juga mulai muncul. Budaya ini cenderung menjadi budaya populer dan konsumtif karena perayaan valentine lebih banyak ditujukan sebagai ajakan pembelian barang-barang yang terkait dengan valentine seperti kotak coklat, perhiasan dan boneka. Pertokoan dan media (stasium TV, radio, dan majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan valentine. (wikipedia)

Terlepas dari definisi dan bagaimana cara mereka merayakannya, dan melupakan sejenak tentang kisah Valentine yang kental dengan kisah- kisah bernuansa gereja.

Banyak orang yang mempertanyakan, “pantaskah kita ikut merayakan Hari Valentine?”.
Banyak yang pro dan kontra dengan adanya perayaan valentine yang semakin marak dirayakan para muda di Indonesia.

Bagaimana pendapat anda, PRO ataukan anda KONTRA …….. ??

nanti akan aku kasih tau pendapatku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JIKA GAJAH MENINGGALKAN GADING.
JIKA HARIMAU MENINGGALKAN BELANG
Maka, anda akan meninggalkan jejak pesan & kesan..

mohon kirimkan komentar, pesan dan saran demi kemajuan.

Page Rank Checking tool

untuk mengetahui PR blog anda, isikan alamat blog anda, :
  
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Khrisna Dewa

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP